Sadarlah Apa yang Kita Cari ketika Bersekolah


Eitts.. Jangan sungkan untuk membaca artikel ini. Wajib dibaca untuk para intelek, pelajar dan golongan terpelajar. Adakah yang bisa menjawab pertanyaan yang begitu sederhana ini ?

Semua tentu bisa menjawabnya dengan enteng dan tanpa beban yaitu Menuntut Ilmu. Sebelumnya apakah kawan yakin dengan jawaban itu, bagi yang sudah tidak duduk di bangku sekolah coba putar balik pikiran kawan ke waktu dimana kawan merasakan rasanya bersekolah. Dan bagi yang sekarang dalam masa-masa itu perhatikan dengan baik-baik.

Sadarlah bahwa yang kita inginkan dari sekolah adalah menuntut ilmu, mempelajari hal-hal yang tidak kita ketahui dan lain sebgainya. Namun kebanyakan orang dalam prakteknya sekolah adalah untuk mendapat nilai yang bagus. Perlu di garis bawahi bahwa nilai bukanlah segala-segalanya. Nilai ketika kita bersekolah hanyalah sebagai tolak ukur seberapa jauh tingkat penguasaan kita terhadap materi yang telah disampaikan. Namun jalan yang ditempuh untuk mendapatkan nilai yang bagus adalah hal sebenarnya yang harus diperhatikan.

Misalnya jika kawan ingin punya uang untuk membeli HP, ada beberapa jalan yang menjadi alternatif. Mungkin cara yang instan sering kawan pilih ketika menghadapi suatu hal yang sifatnya mendesak dan harus segera dipenuhi. Dari cara mencuri uang milik orang lain sampai mencuri atau bahkan merampas HP milik orang lain adalah sedikit alternatif yang bisa dilakukan. Tapi kita harus bisa membedakan jalan mana yang dipilih. Dan memperkirakan apa efek yang timbul dari perbuatan itu.

Sekali lagi explore pikiran kawan apa yang telah dilakukan ketika menghadapi Ujian baik itu Ulangan Harian, Ulangan Tengah Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas. Ada beberapa jalan yang bisa dilalui untuk lulus ujian dengan predikat baik. Mungkin bagi kawan yang gak pernah melakukan kecurangan saat ujian lebih memprioritaskan usahanya. Entah itu belajar, mengerjakan soal-soal latihan, berdo’a, atau membuat ringkasan materi merupakan bentuk usaha kita untuk menghadapi ujian. Tapi beda lagi yang jarang atau sering melakukan kecurangan. Sebelum ujian mungkin akan mempersiapkan kertas contekan, mengandalkan SMS teman, atau menyontek jawaban dari teman dan sebagainya itu adalah hal-hal yang tak pantas dilakukan dan memberikan dampak yang buruk dikemudian hari.

Suatu saat, misalnya ketika menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Kawan yang lebih suka mengandalkan diri untuk belajar dan menganggap ujian sebagi tolak ukur kemampuan akan mudah dalam mengerjakan soal-soalnya. Berbeda dengan yang sering nyontek, SMS teman atau nyontek pekerjaan teman. Kawan yang sering melakukan seperti itu akan merasakan kegelisahan yang berarti di saat tidak ada yang bisa membantu pekerjaannya.

Banyak-banyak melakukan latihan dengan mengerjakan soal latihan. Kenapa ? karena kesalahan yang terjadi saat latihan jauh lebih baik daripada kesalahan yang terjadi saat ujian atau kala menghadapi problem yang sebenarnya.

Bayangkan, resapi tulisan di atas anda termasuk yang mana ?

Jangan pernah anggap sekolah adalah beban. Tapi ingatlah tujuan kawan. Sekolah adalah lembaga kita untuk belajar secara formal.

“belajar tak dibatasi dengan didapatkannya ijazah”

Pesan penting, “sadarlah saudara-saudaraku, bahwa yang kita cari ketika bersekolah adalah ilmu pengetahuan dan bukanlah nilai bagus semata, sekali lagi Ilmu Pengetahuan. Ingatlah dan tanamkan dengan dalam sedalam-dalamnya dalam fikiran dan hati.”

Posted on 6 Oktober 2011, in Belajar Itu Perlu !, Motivasi Kehidupan and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: