Tips Menghadapi Masalah


Masalah, kata inilah yang kadangkala memberatkan kita dalam berbagai skala yang berbeda. Dalam kehidupan yang heterogen ini masalah adalah suatu yang pasti ada. Entah dalam bentuk yang ringan maupun yang besar namun itu semua bergantung perspektif seseorang dan sugesti masing-masing.

Perlu disadari jika kita mengganggap masalah sebagai halangan maka kita akan terbebani, namun meremehkan masalah merupakan hal yang lebih fatal lagi. Berfikir bahwa tidak hanya kita yang punya masalah. Orang lain pun juga sama seperti kita dan mungkin lebih kompleks.

Sekarang bayangkan, Ketika dalam perjalanan tiba-tiba ban motor anda bocor. Apa yang akan anda lakukan ?

A.Pasrah dan diam saja

B.Pergi mencari tempat tambal ban terdekat

C.Menunggu dan berharap ada yang mau menolong

Mungkin opsi yang akan anda pilih adalah yang B. Meskipun dari anda semua ada yang memilih opsi lain. Dalam hal teori tentu semua orang tau mana yang baik dan buruk. Tapi kebanyakan orang, hanya membiarkan teori ini hanyalah sebuah teori tanpa penerapan yang nyata. Hidup ini adalah pilihan yang dihadapkan oleh setiap masalah yang memunculkan seperti opsi-opsi/pilihan-pilihan di atas. Yang perlu anda sadari adalah dari setiap pilihan punya resiko sendiri-sendiri, misal pilihan yang A.”Pasrah dan diam saja”.  Apakah kita hanya diam dan pasrah ? Bisa dipastikan anda tidak akan pernah sampai tujuan.

Pilihan B.”pergi mencari tempat tambal ban terdekat. Dengan berusaha untuk mencari lawan dari penghambat merupakan kunci utama. Jika kita sudah menemukan tempat tambal ban terdekat tapi tutup maka kita berusaha sedikit lebih jauh. Kunci utamanya adalah berusaha terlebih dahulu karena hal itulah yang dapat mengubah keadaan sekarang menuju ke kondisi ke depannya menjadi lebih baik.

Pilihan C.”Menunggu dan berharap ada yang mau menolong”. Dengan begitu berarti kita hanya mengandalkan orang lain dan tidak mau berusaha mencari jalan keluar dari masalah itu. Yang jadi pertanyaan di sini adalah Kapan pertolongan itu akan datang ? ketidakpastian tentunya.

Maka dari itu ingatlah baik-baik seperti yang saya sisipkan di artikel di atas bahwa “hidup adalah pilihan yang seringkali dimunculkan dari masalah yang dihadapi dan itu semua berawal dari dalam diri anda yaitu keputusan

Posted on 6 Oktober 2011, in Motivasi Kehidupan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: