BBM naik lagi ?


BBM (Bahan Bakar Minyak) yang sering kita gunakan adalah premium atau lebih akrab disebut bensin. Hampir semua orang beraktifitas membutuhkan barang ini sehari-harinya. Lantas apa yang terjadi apabila harga bensin naik. Seperti biasa, entah dari kalangan pelajar atau pedagang dan para pembisnis khususnya akan gencar melakukan demo. Itulah reaksi masyarakat kita yang tak ingin sengsara dan menderita akibat libasan harga BBM.

Kita bahas dulu apa itu bensin (premium) apa itu pertamax ….

Premium

Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88. Premium (bensin) mempunyai kelemahan dilihat dari berbagai sisi. Dari sisi teknologi, penggunaan Premium dalam mesin berkompresi tinggi, akan menyebabkan mesin mengalami knocking atau ‘ngelitik’. Sebab, Premium di dalam mesin kendaraan akan terbakar dan meledak tidak sesuai dengan gerakan piston. Knocking menyebabkan tenaga mesin berkurang, sehingga terjadi inefisiensi.Dari sisi finansial, knocking yang berkepanjangan menyebabkan kerusakan piston. Sehingga kendaraan bermotor harus diganti pistonnya. Selain itu dari sisi lingkungan premium masih memiliki kandungan logam berat timbal yang membahayakan kesehatan. Namun di sisi lain, ditinjau dari harga jauh lebih murah dibandingkan dengan pertamax bahkan lebih murah dari harga minyak tanah.

Pertamax

Pertamax adalah salah satu bahan bakar minyak yang diproduksi Pertamina. Pertamax merupakan BBM andalan Pertamina. Ia memiliki oktan lebih tinggi dibanding premium yakni 92. Karena memiliki oktan tinggi, maka Pertamax bisa menerima tekanan pada mesin berkompresi tinggi, sehingga dapat bekerja dengan optimal pada gerakan piston. Hasilnya, tenaga mesin yang menggunakan Pertamax lebih maksimal, karena BBM digunakan secara optimal. Sedangkan pada mesin yang menggunakan Premium, BBM terbakar dan meledak, tidak sesuai dengan gerakan piston. Gejala inilah yang dikenal dengan ‘knocking’ atau mesin ‘ngelitik’. Namun dari sisi ekonomi, harga kira-kira 2 kali lipat lebih mahal dari premium.

Udah taukan bedanya Premium dan Pertamax ? Mari kita bahas kelanjutannya di bawah ini.

Bensin adalah sebutan lain premium yang umum, hanya premiumlah yang bersubsidi (dengan kata lain, pemerintah negara kita memberikan potongan harga sedemikian hingga harganya lebih murah dari yang sebenarnya). Target konsumen bensin adalah rakyat kecil misal sopir angkot, tukang ojek dll. Pertamax harusnya tepat sasaran kepada mereka yang berkecukupan dan mampu membelinya. Tak jarang Pom bensin di negara kita yang panjang antreannya justru bagian premium. Yang lebih ironi ketika ada mobil yang mewah dengan PD nya ikut ngantri di bagian premium (padahal ada peringatan ‘premium untuk rakyat kecil’). Mungkin inilah salahsatu penyebab APBN negara kita membengkak akibat banyaknya bensin yang harus disubsidi. Kalo yang punya mobil mewah aja ngaku sebagai rakyat kecil terus yang para sopir angkot, tukang ojek, pedagang kecil mau dianggap apa ?

Beberapa alasan pemerintah Indonesia menaikkan harga BBM :

  1. Situasi krisis ekonomi dan politik global terutama Konflik di Selat Hormuz
  2. Naik tajamnya harga minyak mentah Indonesia (ICP) yang bulan Feb lalu mencapai $122/barel.
  3. Meyedot APBN 2012 kepada subsidi, karena subidi hampir 20% dari APBN. Subsidi naik mencapai Rp137triliun melebih alokasi APBN 2012 sebesar Rp123triliun. Harga asumsi per barel $95/barel. Sedangkan kini sudah $122/barel. Subsidi listrik 95triliun dan akan dinaikkan bulan Mei 2012 bertahap sebesar 3%/bulan. APBN bisa jebol. Dengan kenaikan BBM bersubsidi Rp1500 per liter dan ICP(Indonesian Crude price) $105 per barel beban subsidi BBM tahun ini akan mencapai Rp137,4 triliun. Kalau ICP rata-rata $110 per barel, subidi mencapai Rp153,2triliun. Subsidi BBM akan membengkak menjadi Rp196 triliun bila ICP mencapai $125/barel. Untuk 2011 pemerintah membayar subsidi BBM dan LPG sebesar Rp 164,triliun untuk 40,3juta kilo liter.melebihi alokasi energi dalam APBN-P sebesar Rp129,7triliun. Karena ICP naik menjadi $109,9/barel. Adapun target produksi (lifting) minyak justru diturunkan dari 950 ribu barel per hari menjadi 930 ribu barel per hari. + subsidi dinilai salah sasaran bukan ke kalangan miskin tapi kepada yang mampu sebanyak 70%. Subsidi hanya habis kepada roda empat. Dengan kenaikan premium bersubsidi Rp1,500 dari 4500 menjadi 6000. Dengan asumsi ICP sebesar $105/barel. Pernah ada wacana naik Rp2000 per liter. Namun MK pernah putuskan bahwa harga BBM tidak boleh lepas dari harga pasar.

Seperti yang kita ketahui negara kita menganut ideologi Pancasila. Dan di dalamnya terdapat istilah demokrasi yangmana warga negara turut memberikan andil dalam menyelenggarakan kegiatan negara. Kita diperbolehkan berpendapat asalkan hal itu tak bersilangan dengan ideologi Pancasila. Dan pendapat setiap individu dibatasi oleh hak orang lain. Teriakan demo, orasi di jalan-jalan dan di depan instansi pemerintah seolah menjadi berita yang biasa kita lihat di Televisi. Tanpa kita sadari ternyata televisi menjadi salahsatu media yang cukup efektif sebagai alat propaganda. Mempengaruhi kita dalam mengambil sikap, bertingkah laku dan juga mental.Oleh karena itu pernah dilakukan pembatasan pemberitaan untuk televisi sebab alasan di atas. Mudah-mudahan kita sadar akan hal itu.

Fakta yang ada di Indonesia adalah masih tingginya tingkat korup dari warga negara kita mulai dari kalangan kecil sampai ke tingkat yang begitu kompleks. Tak dapat dipungkiri mental seperti ini sudah menjadi warisan dari pendahulu masa kolonialisme yakni VOC. Penyebab utama bangkrut dan bubarnya VOC adalah korupsi. Tingkat korupsi yang relatif tinggi menjadi penghambat majunya Indonesia. Andaikan mental bangsa kita bisa diperbaiki dan berjiwa Pancasila, mungkin tak membutuhkan waktu lama untuk menjadi negara maju bahkan adidaya. Dengan catatan tebal Sumber Daya Manusia nya berkualitas, berpendidikan, mempunyai jiwa moral yang baik, jujur hal itu dapat terwujud dan bukan angan belaka. Tidak bermaksud untuk memojokkan pihak A, pihak B atau pihak manapun. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita bekerjasama membangun negara kita, berfikir kritis dalam memperhitungkan sebab-akibat dan tidak sekedar beropini tanpa memberikan solusi. Berani menyalahkan juga harus berani memberikan perbaikan. Untuk para pelajar dan mahasiswa yang tercinta, marilah kita belajar dengan sungguh-sungguh. Gunakan media internet untuk tempat menggali pengetahuan bukan sekedar facebook-an, twitter-an, atau melihat hal-hal negatif. Untuk para pemangku kepentingan, tolong dengan hormat untuk memberikan kebijakan sebijak-bijaknya.

Posted on 17 Maret 2012, in Berita Akhir-Akhir Ini and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: