Tomcat Sebenernya Temen Kita ?


Tomcat, apa itu ? Ada orang yang beranggapan ia adalah kucing yang sering kita lihat saat kecil ‘Tom and Jerry’ atau malah beranggapan bakal ada hewan lain dengan nama Jerrymouse. Wah, ada-ada saja. Baiklah akan saya ajak anda mengetahuinya dengan bahasa yang mbladus dan ngawur.

Pertama-tama kita bakal mengulas berita akhir-akhir ini yang bisa dibilang cukup heboh di kancah tanah air khususnya pulau Jawa. Kenapa harus pulau Jawa ? Nah, kita tahu pulau jawa cukup banyak memberikan perannya sebagai pemasok beras Nasional. Terus hubungannya apa dong ? Bisa dikatakan di pulau Jawa banyak areal persawahan. Lha terus ? Sejatinya habitat Tomcat adalah di sawah, kalo tempat mereka terusik yang pasti naluri hewan bakal berkata ‘Lho musti pindah tempat kalo gak pengen ko’it’. Otomatis dia pindah ke tempat yang dirasa aman. Mari kita simak berita heboh di Televisi tadi. Dikabarkan Surabaya menjadi tempat yang subur bagi mereka si Tomcat itu untuk berkembang biak dan menggait korban-korbannya. Pasalnya banyak tragedi dan insiden terjadi akibat cairannya. Cairan apa itu ? Mari kita lihat seperti apa Tomcat itu…. cekidot di bawah ini gan

Tomcat dari samping

Tuh, taukan sekarang yang namanya Tomcat (bagi yang baru tahu, anda telah beruntung. Selamat). Dia punya cairan hemolimf atau toksin ini disebut sebagai ‘aederin’ (C24H43O9N). Yang mengejutkan, diduga untuk jenis tertentu punya toksin sampek 12 kali lebih kuat dari ular kobra. Hebat gan !

Si tomcat juga manusia hewan punya rasa naluri punya hati#modus. Tanpa sadar kita udah ngusir mereka dari habitat alaminya yaitu sawah. Tapi tahukah agan semua kalo sebenernya dia itu temannya si Petani ? Dia punya peran juga buat membasmi wereng, hama yang kita kenal menyebarkan virus tungro dan juga dikenal suka nge-suck tanaman pertanian. Harusnya kita berterima kasih sama tomcat, berkat pertolongan dan bantuannya petani bisa panen maksimal.

Ini ada sedikit cuplikan dari Mpu Wikipedia.org klasifikasi ilmiahnya

Semut semai
Serangga Tomcat

Serangga Tomcat
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Coleoptera
Upaordo: Polyphaga
Infraordo: Staphyliniformia
Superfamili: Staphylinoidea
Famili: Staphylinidae
Upafamili: Paederinae
(Fleming, 1821)[1]
Ordo
sumber : wikipedia.org

 

 

Semut Semaiatau Serangga Tomcat (nama ilmiah: Paederus littoralis), disebut pula Kumbang Rove[(Rove Beetle) atau dengan nama daerah Semut Kayap atau Charlie di Indonesia, adalah kelompok utama dari hewan beruas (Arthropoda) yang termasuk dalam keluarga besar Kumbang (Staphylinidae), terutama dibedakan oleh panjang pendeknya penutup pelindung sayap (“sayap berlapis”) yang meninggalkan lebih dari setengah dari perut mereka terbuka. Dengan lebih dari 46.000 spesies dalam ribuan generasi, kelompok ini adalah keluarga kedua terbesar kumbang setelah Curculionidae (kumbang yang sebenarnya). Serangga ini termasuk kelompok serangga kuno, dengan fosil serangga tomcat diketahui dari Jaman Triassic atau pemusnahan mahluk hidup di Bumi sekitar 200 juta tahun lalu.

Anatomi

Seperti bisa diduga untuk suatu keluarga kumbang yang besar, terdapat variasi besar di antara spesies ini. Ukuran berkisar antara 1 hingga 35 mm (1,5 inci), dengan sebagian besar di kisaran 2-8 mm, dan bentuk umumnya memanjang, dengan beberapa serangga tomcat yang berbentuk bulat seperti telur. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen (perut) dan kepala berwarna gelap. Pada antena kumbang biasanya 11 tersegmentasi dan filiform, dengan clubbing moderat dalam beberapa generasi kumbang. Biasanya, kumbang ini terlihat merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam pandangan sekilas ia lebih menyerupai semut. Apabila merasa terganggu atau terancam, maka kumbang ini akan menaikkan bagian abdomen agar ia terlihat seperti kalajengking untuk menakut-nakuti musuhnya.

 

Semoga bermanfaat dan untuk menambah kinerja update blog ini tolong responnya berupa komentar untuk hal selebihnya terima kasih.

Posted on 2 April 2012, in Berita Akhir-Akhir Ini, Biologi and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: